Close Menu
Halo NusantaraHalo Nusantara
    Facebook X (Twitter) Instagram
    Facebook X (Twitter) Instagram
    Halo NusantaraHalo Nusantara
    Button
    • Politik
    • Hukum
    • Niaga
    • Ragam
    • Advertorial
    • Metropolis
    • Opini
    Halo NusantaraHalo Nusantara
    Home»Advertorial»Peran Guru Olahraga Sebagai Sosok Pencetak Atlet Muda di Kaltim
    Advertorial

    Peran Guru Olahraga Sebagai Sosok Pencetak Atlet Muda di Kaltim

    Halo NusantaraBy Halo NusantaraJuli 18, 2025Tidak ada komentar2 Mins Read
    Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim, Rasman Rading. (Sf)

    Halonusantara.id, Samarinda – Keberadaan guru olahraga di sekolah dipandang penting dalam mencetak atlet muda di Kalimantan Timur.

    Hal demikian ditegaskan Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim, Rasman Rading.

    “Ini penting agar mereka tahu jalur pembinaan yang tepat dan bisa memetakan potensi atlet dari sekolah,” ujar Rasman.

    Dispora Kaltim menilai bahwa meskipun pembinaan atlet banyak dilakukan oleh klub atau komunitas, sekolah tetap menjadi fondasi awal yang krusial.

    Di lingkungan formal inilah anak-anak pertama kali mengenal olahraga, menjadikan guru olahraga sebagai sosok sentral dalam mengidentifikasi dan mengarahkan potensi sejak dini

    Ia bilang, guru olahraga juga harus jemput bola. Rutin berkoordinasi dengan klub-klub atau pengurus cabor di sekitar mereka

    Namun, Rasman mengakui adanya tantangan besar. Yakni, banyak guru olahraga yang tidak memiliki latar belakang sebagai atlet atau pelatih profesional, melainkan murni akademisi.

    “Kondisi ini bisa menjadi hambatan dalam pembinaan yang lebih teknis dan berorientasi prestasi.Tidak semua guru olahraga itu dulunya atlet. Banyak yang memang murni akademisi. Jadi perlu ada pemutakhiran pemahaman mereka terhadap cabang-cabang olahraga,” jelasnya.

    Sebagai solusi, Dispora Kaltim mendorong peningkatan kapasitas guru olahraga melalui pelatihan, seminar, dan workshop. Rasman juga menyoroti vitalnya komunikasi aktif antara guru dan pihak klub/pengcab.

    “Kalau gurunya tidak pernah berkomunikasi dengan klub atau pengcab, ya bagaimana mereka bisa tahu cara menjaring atau menyalurkan siswa berbakat ke jalur pembinaan yang tepat?” imbuhnya.

    Rasman menyatakan bahwa peran guru olahraga melampaui sekadar menyampaikan materi pendidikan jasmani.

    Mereka juga berfungsi sebagai penghubung antara siswa dengan ekosistem olahraga di luar sekolah, termasuk dalam fungsi scouting atau pemetaan bakat.

    Lebih dari itu, ia mengingatkan bahwa pembinaan olahraga tak hanya berfokus pada prestasi, melainkan juga bagian integral dari pendidikan karakter.

    “Kita harus bisa menanamkan nilai-nilai seperti sportivitas, disiplin, kerja sama, dan daya juang sejak dini kepada anak,” tandasnya. (Sf/Adv/DISPORAKALTIM)

    Dispora Kaltim Halonusantara.id
    Share. Facebook WhatsApp Twitter Telegram
    Halo Nusantara

    Berita Terkini

    Empat Pegawai Bank Mandiri Samarinda Disomasi, Buntut Dugaan Penipuan yang Rugikan Ratusan Juta Rupiah

    Oktober 23, 2025

    SPPG Polri di Samarinda Mulai Berjalan untuk Sukseskan Program MBG

    Oktober 23, 2025

    Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Mulawarman (HMTP UNMUL) Telah Menggelar Penutupan Kegiatan MINING STUDENT WEEK (MSW) 7.0

    Oktober 12, 2025
    Leave A Reply Cancel Reply

    Seputar Kaltim

    JKT48, Raisa, dan NDX AKA Akan Panaskan Gema Fest Samarinda

    Mei 9, 20251,896 Views

    Gema Fest 2025 Sukses Guncang Samarinda, Ribuan Penonton Terpukau

    Mei 11, 20251,488 Views

    Gubernur Kaltim dan Jabar Perkuat Kerja Sama, Redakan Polemik Media Sosial

    Mei 4, 20251,129 Views

    Empat Pegawai Bank Mandiri Samarinda Disomasi, Buntut Dugaan Penipuan yang Rugikan Ratusan Juta Rupiah

    Oktober 23, 20251,015 Views
    Facebook X (Twitter) WhatsApp Telegram
    • Redaksi
    • Pedoman Media Siber
    • Sitemap
    Copyright © 2021, PT. Abdi Nusa Multimedia 

    Type above and press Enter to search. Press Esc to cancel.